Petani Kelapa Sawit dan Karet Barito Utara Menjerit Harga Anjlok
Linkedin

Petani Kelapa Sawit dan Karet Barito Utara Menjerit Harga Anjlok

Palangka Raya : Indonesia | Jan 28, 2013 at 9:53 PM PST
XX XX
Views: Pending
 

Petani Kelapa Sawit dan Karet Barito Utara Menjerit Harga Anjlok

Para Petani Kelapa Sawit dan petani karet Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menjerit, karena harga dua komoditas itu kini pada tingkat terendah dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Harga kelapa sawit kini di tingkat para petani hanya dihargai Rp 500 per kg. ‘’Sedangkan harga bagus pernah mencapai Rp 1000 per kg,’’ kata Isran (45), petani Kelapa Sawit hari Senin (28/1) di kebunnya di desa Trinsing, Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Keluhan serupa juga dilontarkan para petani karet. ‘’Kini harga karet mentah pada tingkat petani hanya dihargai Rp 10.000 per kg. ‘’Padahal harga terbaik yang pernah dicapai mencapai tingkat sekitar Rp 20.000 per kg,’’ kata Ahmad Karyadi, petani karet di desa Jambu, Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Minggu.

Kedua petani itu mengeluh tidak adanya bantuan dan asistensi dari Pemerintah Kabupaten Barito Utara untuk membantu para petani agar kedua harga komoditas itu tidak anjlok, sehinga sangat memukul para petani sawit dan karet di Kabupaten Barito Utara.

Para petani di Kabupaten Barito Utara sebenarnya berharap adanya tindakan dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Barito Utara, semacam ‘’Buffer stok’’. ‘’Artinya Pemerintah membeli harga komoditas ini dari para petani pada tingkat yang wajar, dan disimpan digudang terlebih dahulu dan dilepas ke pasaran ketika harga membaik.

‘’Atau ada cara atau model lain yang bisa menolong para petani,’’ kata kedua petani itu yang mengaku tidak mengerti teori ekonomi itu.

Kedua petani ini berharap agar Bupati yang akan terpilih pada Pilkada Bupati Barito Utara tanggal 5 Juni 2013 ini lebih peduli pada para petani yang menjadi mayoritas profesi di Kabupaten Barito Utara.

1 of 1
 ‘’Sedangkan harga bagus pernah mencapai Rp 1000 per kg,’’ kata Isran (45), petani Kelapa Sawit hari Senin (28/1) di kebunnya di desa Trinsing,
Harga kelapa sawit kini di tingkat para petani hanya dihargai Rp 500 per kg. `'Sedangkan harga bagus pernah mencapai Rp 1000 per kg,'' kata Isran (45), petani Kelapa Sawit hari Senin (28/1) di kebunnya di desa Trinsing, Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.
yusufagusno is based in Jakarta, Jakarta, Indonesia, and is a Reporter on Allvoices.
Report Credibility
 
  • Clear
  • Share:
  • Share
  • Clear
  • Clear
  • Clear
  • Clear
 
 
 
Advertisement
 

Images

 >
 

More From Allvoices

Report Your News Got a similar story?
Add it to the network!

Or add related content to this report

Most Commented Reports



Use of this site is governed by our Terms of Use Agreement and Privacy Policy.

© Allvoices, Inc. 2008-2014. All rights reserved. Powered by PulsePoint.