Panduan Shalat
Linkedin

Panduan Shalat

Jakarta : Indonesia | Jun 10, 2012 at 4:33 PM PDT
XX XX
Views: Pending
 
MENGAJAK UMAT ISLAM MENGAGUNGKAN ALLAH

Shalat ( صلاة),adalah salah satu dari sekian banyak ritual ibadah pemeluk agama Islam, yang pada prakteknya juga diselingi dengan pembacaan ayat - ayat suci al quran serta pujian dan penghormatan kepad Allah Subhanahu Wata'ala sebagai Tuhan Semesta Alam, yang seringkali kemudian diselingi dengan do'a dan dzikr. Menurut syariat Islam yang disetujui oleh para ulama praktik shalat harus sesuai dengan petunjuk dan tata cara Nabi Muhammad SAW sebagai figur pengejawantah perintah Allah.

Shalat Secara bahasa berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti, do'a. Sedangkan menurut istilah, shalat bermakna serangkaian kegiatan ibadah yang khusus atau tertentu dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Salat yang mula-mula diwajibkan bagi Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya adalah Salat Malam, yaitu sejak diturunkannya Surat al-Muzzammil (73) ayat 1-19. Setelah beberapa lama kemudian, turunlah ayat berikutnya, yaitu ayat 20:

Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Alquran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dengan turunnya ayat ini, hukum Shalat Malam menjadi sunah. Ibnu Abbas, Ikrimah, Mujahid, al-Hasan, Qatadah, dan ulama salaf lainnya berkata mengenai ayat 20 ini, "Sesungguhnya ayat ini menghapus kewajiban Shalat Malam yang mula-mula Allah wajibkan bagi umat Islam.

Shalat adalah satu diantara sekian banyak amal ibadah yang dapat menjamin kita dimasukkannya kedalam tempat disyurga sebagaimana dijanjikan Oleh Allah Subhanahu Wata'ala .

Ingin Tahu dan membaca lebih banyak tentang macam macam shalat wajib dan sunnah serta tata cara pelaksanaannya , silahkan baca disini

AhmadKhaerulAnam is based in Jakarta, Jakarta, Indonesia, and is a Stringer on Allvoices.
Report Credibility
 
  • Clear
  • Share:
  • Share
  • Clear
  • Clear
  • Clear
  • Clear
 
 
 
Advertisement
 

More From Allvoices

Report Your News Got a similar story?
Add it to the network!

Or add related content to this report

Most Commented Reports



Use of this site is governed by our Terms of Use Agreement and Privacy Policy.

© Allvoices, Inc. 2008-2014. All rights reserved. Powered by PulsePoint.