Tim Perdamaian TNI Target 10 Besar di pasukan Perdamaian Dunia
Linkedin

Tim Perdamaian TNI Target 10 Besar di pasukan Perdamaian Dunia

Jakarta : Indonesia | May 05, 2012 at 4:42 AM PDT
XX XX
Views: Pending
 

Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian, Brigjen TNI Imam Edi Mulyono menutup pelatihan Special Operations Group of the United Nation (UNSOG) dan United Nation Logistics Officers (UNLOG) di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB, Sentul, Bogor, Jumat (4/5).

Pelatihan ini diikuti 45 perwira TNI dan 25 personil dari tiga angkatan dari 8 negara, seperti Bangladesh, Kamboja, Malaysia, Mongolia, Nepal, Filipina, Sri Lanka dan Thailand.

Kursus ini berlangsung selama dua minggu sejak 23 April dan diadakan atas kerjasama dengan Global Peace Operations Initiative (GPOI) – US Pacific Command (USPACOM) yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan wawasan sebagai perwira staf dan perwira logistic pada misi PBB.

"Para peserta diharapkan dapat menjalankan tugas dalam misi penjaga perdamaian," ujar Brigjen Imam Edi Mulyono,

Menurut dia, Indonesia ingin meningkatkan jumlah pasukan yang ikut terlibat dalam misi menjaga perdamaian menjadi 4.000 personil, sementara jumlah personil yang ada saat ini baru mencapai 1.800-1.900 personil. Untuk menjadi 10 besar dalam pasukan perdamaian. "hal ini perlu dua tahun kita lakukan, karena perlu pelatihan yang sangat selektif," ujarnya.

Saat ini rencana TNI juga akan memberangkatkan tiga tim helikopter yang mengangkut sekitar 100 personil pasukan, untuk menjaga perdamaian di Kongo. Pengiriman pasukan penjaga perdamaian ini dilakukan atas permintaan Sekjen PBB Ban Ki Moon, saat berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu.

"Itu request dari UN dari sekjend PBB, jadi waktu beliau berkunjung ke sini beliau langsung meminta. Setelah ada masukan dari Panglima TNI dan Kepala Staf ternyata kita memiliki kemampuan dan akhirnya kita mensupport," kata Imam Edi Mulyono.

Imam Edi, mengatakan saat ini kontingen misi perdamaian PBB dari Indonesia dinilai tim dari PBB paling baik cukup disiplin, professional, dan mampu mendekatkan diri dengan lingkungan yang baru.

"Ada dua yang baik Indonesia dan China, PBB sangat mempercayai kontingen kita karena dikenal disiplin dan tidak pernah ada yang terlibat tindak tidak terpuji, seperti mabuk ataupun lainnya,” kata Imam Edi.

Dalam rangka memperingati Peacekeepers Day pada 29 Mei 2012 nanti, PMPP rencanannya akanmengadakan event , antara lain, lomba menulis artikel tentang Cs bagi wartawan, lomba dan pameran fotografi tentang "peacekeepers" serta pembuatan film peacekeepers berjudul "Garuda untuk Perdamaian" (aendra)

1 of 1
Brigjen TNI Imam Edi Mulyono, Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian,
Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian,TNI Brigjen Imam Edi Mulyono menutup pelatihan Special Operations Group of the United Nation (UNSOG) dan United Nation Logistics Officers (UNLOG) di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB, Sentul, Bogor, Jumat (4/5). (foto Aendra)
Aendra Medita Kartadipura is based in Jakarta, Jakarta, Indonesia, and is a Stringer for Allvoices.
Report Credibility
 
  • Clear
  • Share:
  • Share
  • Clear
  • Clear
  • Clear
  • Clear
 
 
 
Advertisement
 

Images

 >
 

More From Allvoices

Report Your News Got a similar story?
Add it to the network!

Or add related content to this report



Use of this site is governed by our Terms of Use Agreement and Privacy Policy.

© Allvoices, Inc. 2008-2014. All rights reserved. Powered by PulsePoint.